Skip to main content

Pertama Kali Mendaki (Pt. 1)

Hey-ho!!!

Tudey I wanna share the journey of my very first hiking experience. 
Tulisan ini akan terbagi jadi 3 bagian. Bagian pertama nyeritain tentang persiapan sebelum hiking, dan bagian kedua dan ketiga pas mulai hiking.

Isi post ini, gue jamin, bakal ada banyak banget keluhan, umpatan, dan rasa gembira.

DON'T TELL ME I DIDN'T WARN YA!




Huft, mulai darimana ya :")

Oke, jadi ini berawal dari gue yang sok-sokan daftar UKM Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam) di kampus gue.
Gue sama temen gue, sebut saja Y, sebenernya udah daftar dari jaman kita maba, tapi udah 2 semester dan belum dipanggil-panggil juga wakakakak.
Suatu hari, Mapala buka pendaftaran lagi, dan daftarlah gue dan Y.

Kenapa gue daftar Mapala?
Listen to me, you.
Gue suka jalan-jalan. Gue suka berpetualang.
Masuk Mapala kampus gue itu jadi salah satu alasan kenapa gue ngincer kampus itu.
Gue udah berkhayal-khayal keseruan apa aja yang nanti bakal gue dapet semisalnya gue udah masuk Mapala.
TAPI TERNYATA SEMUA TAK SEINDAH KHAYAL AQ.

Hari itu, gue dan Y dateng ke pusgiwa buat perkenalan.
Seru, sih. Kakak-kakak pembinanya BAIK-BAIK BGT SUMPAH YA ALLAH.
Terus kita ditanya-tanya gitu kan, nanti mau masuk divisi apa seandainya diterima.
Gue jawab gue mau masuk divisi caving sama arung jeram.
Kedengarannya asik gitu.
Tapi nggak. Nggak segampang itu.

GUE ANAK PALING LEMAH DI ANTARA SEMUA ANAK YANG DAFTAR MAPALA.
Kan tes kekuatan fisik ya di stadium kampus.
Gue endurance-nya yang paling kecil. Yang lain pada lari full, gue lari sambil jalan (?)
Gue push-up dan sit-up yang paling sedikit jumlahnya di antara semua.
GUE GA PERNAH OLAHRAGA SIH HAHAHAH.
Bahkan Y yang bisa dibilang lamban (wkwkkk) hasil endurance-nya lebih tinggi dari gue.
Q hanya bisa tersenyum.

Nah, sebelum resmi jadi anggota, ada beberapa rangkaian yang harus kami ikuti, nih.
Salah satunya adalah naik gunung.
Whoa, kedengarannya seru kan, tuh, naik gunung.
Gue kira gampang aja ya, tinggal naik gunung aja gitu.
Tapi nggak. NGGAK SEGAMPANG ITU BANGKE.

PERSIAPANNYA NGGAK MAIN-MAIN.
Beberapa minggu sebelum naik, tiap minggu musti lari minimal 3 kali, dan itu lari muterin kampus dalam (yang tahu gue ngampus dimana bisa bayanginlah ya seluas apa itu kampus hhh).
Dan, tiap lari, pasti gue urutan paling terakhir. Pasti.
Senior-senior Mapala sampe hapal sama gue astaga wkwkwk. Pasti tiap gue paling terakhir, selalu dikasih semangat, dan mereka pasti nyebut nama gue.
Habis lari musti sit-up, push-up, pull-up, sama planking.
Semua itu dilakuin sore-sore setelah ngampus.
Pokoknya gue udah ngerasain deh tuh gimana rasanya jogging pas gerimis, jogging pake sendal dan celana jeans ngelilingin gymnasium 5 putaran.. mantab dah.

Kebayang kan mampusnya gimana? Bagi gue yang jarang banget olahraga, gue mampus banget, sih. Tau deh buat mereka yang rajin olahraga dan suka naik gunung. Mungkin bagi mereka latihan-latihan kayak gitu udah jadi makanan sehari-hari.
Belum lagi, gue sama sekali nggak punya peralatan hiking, sehingga gue sama teman-teman sekelompok gue (yang hampir semua emang belom pernah hiking juga) musti nyewa banyak peralatan yang harganya lumayan.
Bahkan, kita juga musti bikin laporan persiapan kelompok yang harus dipresentasikan.
Seniat itu, sedetil itu, secapek itu.

Kami juga dapat materi banyaaak banget, kayak cara masang tenda dan packing yang baik dan benar.
Pokoknya nggak boleh tuh, hiking terus makannya mie. Mie tuh dibawa hanya untuk sumpelan tas carrier.
Gue inget banget, sebesar apapun barang yang lo bawa, sebanyak apapun, kalo packing-nya bener, pasti muat deh. Dan, gue baru ngerasain seberat apa itu tas carrier dengan segala isinya. Berat banget, asli, kek bawa tas isinya batu kali.
Isinya emang banyak banget, sih. 3 botol minum 1.5 liter, baju-baju, sleeping bag, kompor, nesting, makanan-makanan, dsb. Belum lagi kalo lo kebagian bawa tenda. Beuh. Packing susah, deh.
Terus pokoknya ngapa-ngapain harus gercep, karena kegercepan amat sangat penting buat situasi yang genting dan nggak terduga pas kita di gunung nanti.

....to be continued to pt. 2

Comments

Popular posts from this blog

Oral Test LIA

I'm back again! Huff... Akhirnya gue udah boleh tenang dan santai, karena... gue udah ngejalanin semua tes kenaikan level LIA!! Yuhuuuuuu~ Hari ini gue oral test. Lebih tepatnya make-up oral test. Kayak semacem tes susulan gitu soalnya waktu oral test hari Kamis kemaren gue nggak bisa ikut karena hujan. Seperti final test, ada 2 HAL PENTING yang harus dibawa, yaitu KUITANSI PEMBAYARAN dan KARTU PELAJAR. Tapi, kalo make-up test, harus bawa 1 hal lagi, yaitu KERTAS PEMBAYARAN MAKE-UP ORAL TEST.  *kertas pembayaran make-up oral test

Suikoden 3

Hello, bubblers! Pada hari ini gue pengen membahas salah satu game PlayStation 2 favorit gue. Suikoden 3! Klasifikasi: Pengembang : Konami Penerbit : Konami Sistem operasi : Playstation 2 Tanggal liris : -Jepang : 11 Juli 2002 -Amerika Utara : 11 Oktober 2002 Kategori permainan : role-playing game (RPG) Mode permainan : single player Batas umur pemain : ESRB T (Teen) Media : 1 DVD-ROM Alat permainan : Stik PS